Niat kuliah

Katanya nih, niat itu hal yang sangat penting sebelum melakukan sesuatu, bahkan bisa jadi lebih penting dari sesuatunya itu. Baru niat berbuat baik saja sudah mendapat pahala walau tidak jadi dilakukan, apalagi kalau jadi dilakukan. Bagaimana kalau niatnya jelek, tapi yang dikerjakannya sesuatu yang baik? Misalnya, kita sholat niatnya karena Allah, 2-2-nya baik, dapat pahala. Tapi kalau sholat niatnya supaya dipuji orang, atau supaya dianggap sholeh, jadinya riya. Puasa kalau niatnya karena Allah, jadinya dapat pahala, tapi kalau niatnya supaya naik jabatan (karena itu syarat yang dikasih dari ‘orang pinter’ misalnya), kira2 bagaimana?

Maka itu, bismillah, niatkan kuliah jangan supaya nambah gelar, jangan supaya kelihatan bergengsi jadi lulusan Amerika, jangan supaya naik pangkat, jangan supaya bisa mengumpulkan uang lebih banyak (dengan saving dari beasiswa :P), atau jangan supaya dapat pekerjaan yang gajinya lebih besar. Tapi niatkan supaya lebih mendekatkan kita ke Allah, supaya ilmunya berkah, dan hidup kita lebih bermanfaat.

*dapat nasehat dari ceramahnya Aa Gym.

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Siraman rohani and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Niat kuliah

  1. iya-iya aduuh susah juga menjaga niat yang ikhlas itu ya, klo masih kecampur ama duniawi jadi gimana gitu

    • erinyudha says:

      aku masih belajar juga.. katanya, kalau niat kita lurus dan ikhlas, insya Allah urusannya dipermudah, dan keberuntungan2 lain justru akan datang mengikuti, seperti rejeki dan pekerjaan yang baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s