Sholat di negeri orang

Tinggal di negara yang jauh dari garis khatulistiwa, susahnya untuk urusan sholat adalah waktunya yang bergesernya cukup signifikan dari hari ke hari dibandingkan di Indo. Di awal2, jangankan untuk sholat tepat waktu, bahkan untuk sholat dengan niat yang benar pada waktu yang benar saja kadang lalai karena belum terbiasa. Misalnya jam 9 malam saat hari mulai gelap, terus suka lupa aja gitu, langsung sholat isya. Habis itu baru sadar ketika jam 11an, tiba2 ingat, ini baru masuk isya, berarti yang tadi harusnya sholat maghrib dong.

Makanya untuk mencegah lupa, kalau aku setiap awal bulan ngeprint jadwal sholat dari website, misalnya Islamic finder. Search saja di Google, misalnya: ‘prayer time Pittsburgh PA’. Biasanya langsung muncul di baris nomor 1. Diklik masuk ke webnya. Biasanya yang muncul jadwal mingguan. Diubah deh ke jadwal bulanan.

Selanjutnya dipindah ke word dan dibikin tulisannya yang jelas dilihat. Diprint, terus ditempel di pintu lemari atau di tembok yang gampang dilihat, misalnya tempat dekat biasa kita sholat. Atau bisa juga disimpan di desktop laptop. Karena sebagian besar waktu juga di depan laptop, jadi gampang kalau mau nge-cek jadwal sholat.

Boleh juga pasang adzan di komputer atau hp, kalau lagi di rumah tidak masalah ya. Cuma kalau kita lupa ngeset silent misalnya, pas kita di kampus, di kelas, di perpus atau di bis, lalu tiba2 terdengar suara adzan kencang begitu, kita tidak tahu kan ya, tinggal di negara nonmuslim, mana tahu ada yang tidak suka. Kalau cuma tidak suka dipendam dihati mah tidak apa2, tapi kalau ada yang bener2 anti Islam, terus ngajak berantem kan susah. Aku pernah dengar gitu sih, tiba2 di tempat umum ada suara adzan stereo dari hp seseorang, orang2 di sekeliling langsung pada lihat2an kan, cari sumber suara.

Lagipula kalau diprint kan kita dari awal sudah tahu, nanti adzan duhur dan ashar jam berapa, jadi bisa siap2 dan berencana. Misalnya kuliah dari jam 1 sampai jam 5 full. Kalau di Leuven misalnya, sekarang duhur jam setengah 2, ashar jam 6. Bisa dikira2 kan, sampai rumah masih sempat atau tidak. Atau mending di kampus saja. Atau di kamar teman yang dekat kampus. Bawa sajadah atau kain kecil ke mana2. Tidak apa2 kok sholat di kamar teman kita yang nasrani atau bahkan atheis. Semoga dapat teman yang baik2 ya.

Tapi semoga di kampusmu ada ruangan khusus sholat ya. Kalaupun tidak, cari tempat di mana pun, di bawah tangga, di pojok ruangan / koridor yang sepi, di lapangan kampus, untuk gelar sajadah dan sholat. Kalau masih tidak memungkinkan juga, ya sambil duduk insya Allah tidak apa2. Cuma pastikan ya tempatnya yang kira2 aman . Jangan sampai ditegor apalagi sampai dimarahin orang. Yang penting jangan sampai tidak sholat. Awalnya mungkin kita masih merasa aneh untuk melakukan sholat di tempat umum dan dilihatin orang2. Tapi cuek saja. Kemarin pas ke Belanda juga sudah latihan kan. Ya orang2 di sekeliling mungkin bakal lihat sekilas, ini orang ngapain, tapi habis itu paling beberapa detik dan mereka bakal cuekin kita lagi kok.

Kalau sepertinya benar2 tidak memungkinkan, misalnya kita lagi praktikum lapangan, atau ujian atau grup discussion di kelas yang benar2 tidak memungkinkan untuk permisi ijin sholat ya dijamak. Cuma ngejamaknya yang benar juga ya. Ada saja lho orang yang berpikir bahwa, yaa kalau di negeri orang bisa dimaklumi kali ya sholat jamak duhur-ashar-magrib-isya digabung semua. Kan semua sudah ada aturannya.

Ok? Semoga istiqomah dan dimudahkan untuk urusan sholatnya.

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Siraman rohani and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Sholat di negeri orang

  1. subhanallah, terima kasih istriku 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s