Kuliah · Tips

Tips meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi

Seperti yang pernah kubilang, kecerdasan biasanya sudah terberi. Tapiii bukan berarti orang yang kurang cerdas tidak bisa sukses kuliah, tentunya bisa2 saja asal kita mesti punya kemauan, niat, tekad dan usaha yang lebih daripada orang2 yang cerdas.

  1. Rajin datang kuliah. Ini syarat utama. Jangan sampai ketinggalan pelajaran. Apalagi kuliah biasanya cenderung individual. Cari selamat sendiri2 lah. Datang tepat waktu. Ambil posisi strategis, di mana profesor lebih sering menghadap ke arah itu, sehingga suaranya terdengar dengan jelas dan seluruh papan tulis atau layar presentasi bisa terlihat, serta jika profesor menulis tulisannya terbaca dengan jelas. Semoga energinya profesor mengalir ke kita, jadi ketularan cerdas, gitu.
  2. Rajin mencatat. Mustahil bisa mengingat2 semua kuliah tanpa mencatat. Maksimalkan semua indera, mata, telinga dan tangan dilatih berkoordinasi.
  3. Berteman dengan orang2 pintar. Katanya kalau berkawan dengan orang jualan parfum kita ikut ketularan wangi. Demikian pula, berteman dengan orang2 pintar bikin kita ketularan pintar. Kalau sungkan nanya ke profesor untuk perkara remeh temeh, tanya saja ke teman. Demikian juga kalau kesulitan mengerjakan tugas, kalau kita sudah biasa berteman dengan orang2 pintar ini, kita gak sungkan untuk minta bantuan dalam belajar atau mengerjakan tugas. Jadi tidak terkesan cuma mengontak kalau butuh saja.
  4. Belajar bareng. Biasanya kalau belajar bareng pikiran lebih terbuka. Bisa tukar pikiran. Seringkali teman2 punya pemikiran2 yang tidak pernah terlintas dalam pikiran kita sebelumnya.
  5. Banyak baca. Kemampuan berpikir bisa dilatih dengan banyak baca. Jadi, paksakan diri untuk banyak baca, cari suasana yang nyaman agar bisa konsentrasi. Kemampuan menyerap bahan bacaan bisa dilatih kok.
  6. Cari suasana berbeda. Kadang belajar di kamar terus menerus jadi sumpek. Apalagi kalau kamar berantakan dan kotor. Kalau aku sih, tidak bisa belajar dalam suasana begitu, jadi mesti bebersih dulu. Cari suasana berbeda2, misal di perpus, atau di taman di kampus, atau di pinggir kolam. Pengalamanku, belajar atau mengerjakan tugas di perpus lebih produktif dan konsen, mungkin karena banyak orang belajar jadi ketularan energinya. Dan sungkan juga kalau sebentar2 buka facebook atau baca2 berita gak penting karena lihat orang2 pada serius. Kalau di kamar, suka tidak fokus, sebentar2 buka email, baca2 blog, chatting, laper, pengen masak, dll
  7. Makan makanan bergizi. Makanan kaya protein terutama, macam ikan, telur, brokoli, bayam, seafood, dll. Banyak minum susu. Berpikir itu menguras energi, makanya makan harus cukup dan bergizi. Memang kalau uang pas2an jadi agak susah ya 😀 ya diakal2i lah, pinter2nya belanja. Gimana supaya uang yang keluar sedikit tapi bisa dapat banyak.
  8. Minum sari kurma, kabarnya bisa meningkatkan daya pikir dan kecerdasan.
  9. Cukup tidur. Bukan jumlah jamnya ya. Yang penting kualitas. Matikan lampu saat tidur. Katanya, tidur dengan lampu menyala membuat otak terus bekerja. Jadi bangun tidur rasanya kurang segar dibanding kalau tidur dengan keadaan gelap gulita. Mandi sebelum tidur juga bikin tidur nyenyak dan bangun dalam keadaan segar.
  10. Berdoa. Minta sama yang Maha Kuasa atas otak kita semoga dimampukan dalam berpikir, diberi kecerdasan. Sebelum kuliah dan belajar, berdoa: robbi zidni ilma warzuqni fahma (ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan beri aku kefahaman).
  11. Banyak berdzikir: yaa Rasyiid.
  12. Tahajud, dan melamakan dalam bersujud, biar aliran darah lancar ke otak.
  13. Olah raga. Yang ringan2 saja macam lari, yang penting rutin walau cuma sebentar2, misal 2-3 km seminggu 3-4x, bisa bikin lebih cerdas dan meningkatkan konsentrasi. Bikin rileks dan menyegarkan otak.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s