Ide masakan

Spaghetti udang

Sesekali masak makanan Eropa. Kayaknya ribet dan susah kalau baru pertama kali masak.. tapi lama2 rasanya praktis juga kok.. Gak lama masaknya, dan bisa disambi juga, sambil menunggu spaghetti direbus, bisa bikin sausnya. Spaghetti selesai direbus, sausnya sudah siap.

Bahan:

  • spaghetti–>direbus
  • bawang bombay
  • bawang putih
  • udang–>kupas kulitnya, dipotong kecil2 supaya cepat matang pas numis bumbunya, juga kelihatan banyak dan tersebar merata di spaghettinya 😀
  • garam, merica bubuk
  • tomat–>dipotong kecil2
  • mentega–>buat menumis
  • keju parut (untuk jenisnya, kurang tahu, tapi aku biasanya beli yang sudah parutan dan di bungkusnya memang khusus buat taburan spaghetti.. secara di luar negeri beda ya, kejunya macam2 jenisnya.. kalau di Indo kan untuk segala masakan dan kue, kejunya ya Kraft :))

Cara memasak:

  • panaskan mentega, masukkan bawang bombay dan bawang putih, sampai harum
  • masukkan udang sampai matang
  • masukkan tomat, garam, merica, aduk2 sampai matang
  • kalau terlalu kering, dikasih air sedikiiiiit saja, supaya jadinya kayak2 saus gitu
  • matikan kompor
  • masukkan spaghetti, aduk2 dengan sausnya sampai merata
  • pindahkan ke piring
  • taburi dengan keju parut
  • sampai di sini sebenarnya sudah siap dimakan juga
  • cumaaa kalau aku lebih senang kalau spaghettinya dioven, biar kejunya agak2 meleleh gitu, seperti di gambar di atas
  • kalau dipanaskan di oven, harap diperhatikan piringnya yang memang khusus buat tahan masuk ke oven ya.. berapa derajatnya dan lamanya sih aku gak ingat, tapi jangan panas2 lah.. 150 derajat Celcius kali ya.. sebenarnya aku suka pakai feeling saja.. kalau belum ahli ya sering2 ditengok saja sampai kira2 kejunya meleleh..
  • siap dimakan deh 🙂

NB: udang bisa diganti ayam atau daging sapi cincang

Advertisements

One thought on “Spaghetti udang

  1. berhubung udang mahal banget, 1 kg, sekitar $ 27 US maka udang tidak dibeli,, akan tetapi untuk oven nya berhubung tidak ada jadi resep ini aku angan2 kan aja ada yang membuatin (colek mamma saskia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s