Beli Buku

Assalamu’alaikum Wr Wb

Setelah berumur 30 tahun baru terasa beli buku itu terasa mahall banget. Setelah dapat pengarahan dari kelas, akan ada tugas reading minggu ini.

Sore tadi aku cari2 buku di internet :

1. Website Library nya U Pitt – ada tapi udah keduluan orang dan bahkan dipinjam sampai 2013

2. Library nya Carnegie – punya referensi yang beda jadi gak bisa dipinjam, padahal tadi niatnya pinjam atas nama dari mahasiswa Indonesia di Carnegie.

3. Amazon. com – nyari buku yang used book harganya 105 USD kalo barunya ada yang 160 an- aku udah ngerenyitin dahi karena mahal bener buku ini ya walaupun used book lho;

ada pilihan lain yaitu rent dari amazon.com juga satu semester harganya 45 dolar tapi setelah dipikir2 mending beli buku sekalian tho ya.

Buku-buku di Amazon dideliver dalam waktu 2 hari, ini buat aku advantage karena tugas reading masuk minggu ini alias ini buku kudu cepat dimiliki jadi biar gak roaming dan siap di kelas.

4. ebay.com – dilihat dari namanya emang top ni website, used book nya dibuat miring banget harganya, walaupun gak tau kualitasnya. Sebagai contoh buku Industrial Ecology and Sustainable Engineering dijual dengan harga 25-75 USD saja, jauh kaann.. Tapi sayangnya klo dicek lokasinya ada di Malaysia atau India which is musti dishipping lewat benua dan samudra. Sebenernya mereka juga punya waktu kira-kira sampai di tujuan alamat kita, sayangnya at least butuh waktu 7-12 hari dan bahkan ada statement kalo gak sampai uang akan kembali (aman sii, cuma kapan aku dapat bukunnya yaa)

Karena beberapa pertimbangan diatas aku mengambil kesimpulan untuk membeli 1 buku(Sustainable Engineering) dari Amazon dengan alasan buying the time dan Construction Method  dari ebay.com karena masih bisa menunggu sampai minggu depan. Oya kedua-duanya used book moga-moga masih bagus semua kondisinya.

Sistem Pembayaran

1. Ternyata mudah kalo punya rekening bank di Amerika atau Eropa, yaitu baik debit card maupun credit card sangat dibutuhkan untuk belanja OL.

2. Aku menggunakan sistem pembayaran pay pal dengan inputan nomor kartu, kode terakhir nomor kartu dan beberapa isian standar.

3. Pembelian berjalan sukses, sekarang tinggal nunggu delivery saja. seharusnya kamis atau 2 hari dari sekarang sudah sampai.

4. Untuk transaksi ternyata ada costnya juga, selain harga tertera di website untuk barang yang dibeli. Kita akan dicharge 1 USD untuk transaksi ini.(transaksi bank OL) .

Dari pengalaman diatas, aku menarik kesimpulan akan arti pentingnya sebuah buku. Terasa sekali buku itu mahal, dan karenanya kita akan sangat merindukan sekali kedatangan buku itu (lebayy), tapi yang paling penting, aku sangat pengen tau isi buku yang mahal itu juga. Ternyata oh ternyata, dari dulu sering mengcopy dan beli buku harganya super murah tapi bacanya malas-malasan karena gak sadar betapa mahalnya isi buku itu.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Kuliah, Yudha and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Beli Buku

  1. erinyudha says:

    wah, wajib beli buku ya, mahal bener pulaa.. itu supaya students termotivasi buat lulus dengan nilai bagus kali ya, soalnya sudah beli buku mahal2 😀 kalau gak lulus jadi rugi 2x… kalau di Indo mah kalau bukunya semahal itu tentu saja pilihannya adalah fotokopi saja, hehehe… btw, aku jadi gi gimanaa gitu, sebagai mahasiswi belum pernah beli buku beneran.. kalau di sini semua professor punya diktat tulisannya dia sendiri, softcopynya dikasih, hardcopynya pun murah meriah, tinggal beli di sekretariat fakultas, kalau gak salah ingat berkisar 6-15 euro saja, tergantung tebal tipisnya, sekedar ganti biaya ngeprint dan jilid 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s