Kuliah

Tips belajar di Luar Negeri

Pada dasarnya, setiap orang adalah unik,  dalam arti tidak sama tipe belajarnya. Yang saya coba saya tulis adalah tips umum untuk sukses belajar di Luar Negeri. Berikut poin-poin yang penting :

1. Ketahui jadwal2 penting akademik, dapat diketahui dari website universitas, print dan highlight kapan kuliah dimulai, ruangan.

2. Temui dosen akademik, advisor, wali yang diassign sejak kita diterima diuniversitas, konsultasikan apa kuliah yang core dan elektif untuk kita ambil.

3. Ambil kredit yang masuk akal, jangan terlalu sedikit karena akan memberikan waktu terlalu lama untuk studi tapi juga jangan terlalu banyak sehingga kita tetap punya waktu bermain.

4. Diawal studi dosen akan memberikan sylabus, buku wajib baca, artikel perminggu untuk dibaca, aturan penilaian yang meliputi presensi di kelas, prosentase tugas, ujian sistem ujian dll. Mengenai buku, manfaatkan perpustakaan, universitas di USA memungkinkan kita untuk meminjam buku dan diperpanjang selama satu semester. Jadi bisa menghemat pengeluaran kita, walupun buku tidak ada dikampus, ada fasilitas untuk meminjam buku dari universitas lainnya, namanya “interlibrary”

5. Kuliah awal2 akan terasa sulit bagi kita yang tidak terbiasa dengan bahasa inggris, membaca dan menulis adalah kebiasaan yang harus dilatih secara bertahap dan sabar. Gunakan fasilitas writing center untuk mengecek tulisan kita, klo punya teman yang jago, mintalah tolong untuk mengecek secara sekilas tulisan kita.

6. Dengarkan dosen dengan seksama, kalo tidak mengerti , segera temui selesai kelas. Tanyakan hal2 yang tidak kita pahami, Hal ini juga meningkatkan perhatian dosen terhadap keaktifan kita terhadap materi dikelas, dosen di USA misalnya sangat senang jika mereka ditanya, mereka merasa dihargai, bahkan sering saya mendengar kata dosen, sampaikan pertanyaan apa saja, karena tidak ada istilah “stupid question”. Kalo perlu kita email, dosen akan sangat respek terhadap keingintahuan kita.

7. Biasakan mengerjakan tugas diawal waktu, tidak ada istilah menunda-nunda agar tidak kelimpungan diakhir waktu saat due date assignment tiba. Nah, saat kita mengerjakan, cobalah mengkonfirmasikan ke dosen bahwa kita telah mengikuti maksud dari tugas-tugas itu. Jangan sampai salah mengartikan pertanyaan, sekali lagi, pertanyaan ke dosen akan membuat anda lebih dihargai oleh dosen karena mereka menganggap kita menaruh usaha yang besar terhadap course yang kita ambil.

8. Review bahan-bahan kuliah supaya lebih paham materi dengan baik, karena bisa jadi ada informasi penting yang terlewat dan tidak kita pahami dikelas.

9. Manajemen waktu menjadi isu penting disini, pahami karakter diri kita, kapan dan dimana kita bisa belajar, waktu2 penting dimana ketika kita baca kita tidak menjadi ngantuk dan bosan. Disiplinkan saat2 itu untuk benar-benar belajar, dan saat dimana kita benar2 santai.

10. Menjaga kesehatan sangat-sangat penting, disiplin saat-saat kita harus mengisi perut dengan makanan bergizi adalah penting. Belajar membutuhkan konsentrasi  dan energi yang banyak. Disisi lain, tidak disiplin soal makanan bisa membuat kita terkena penyakit maag dll. Oya buat saya, vitamin C sangat penting untuk mnegurangi resiko terkena flu dll, biasakan minum jus jeruk satu gelas setiap habis sarapan dan mengurangi minum kopi.

11. Biasakan punya target perhari, saya biasa membuat target sebelum tidur bahwa esok hari saya sudah harus meriview materi A dan B sebelum jam makan siang. Paksakan jika sulit, yang penting adalah disiplin terhadap target pribadi. setelah terbiasa, tidak akan sulit melakukannya.

12. Saya memilih untuk tidak banyak ikut aktivitas diluar studi disaat-saat awal kuliah. Tawaran hang out sangat lah banyak, artinya pilihlah yang benar-benar penting. Saya memilih untuk masuk dalam kategori “save dan menabung nilai” diawal studi. Walaupun sulit, saya berupaya untuk menunda jalan-jalan untuk kepentingan yang saat ini lebih penting,

Semoga berhasil,

 

Advertisements

One thought on “Tips belajar di Luar Negeri

  1. Setujuu.. Emang tuh harusnya tidak ada istilah ‘stupid question’.. Pantesan aja ya orang negara maju pd berani2 kalau nanya.. Tapi yaa tetap use your brain.. Jangan sedikit2 nanya pertanyaan remeh temeh, shg terkesan kita tidak berpikir.. Ingat ketika aku asistensi thesis and Willems answered my question with, ‘you are engineer… You have to think’. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s