Wonderful year of 2012

Meninjau kembali apa saja saja yang sudah terjadi di tahun 2012:

Januari

Tidak sehari pun kumanfaatkan waktu di bulan ini untuk mengejar winter solden. Benar2 musim ujian yang tidak terlupakan. Sistem ujian yang beda dari ujian semester2 sebelumnya. Super sibuk dan super stress. Alhamdulillah bisa melaluinya dengan selamat, tetap sehat dan semangat. Lulus semua mata kuliah semester 3 dan beres urusan proposal thesis berikut presentasinya. Salah satu yang membuatku semangat adalah di akhir musim ujian ini Mas Yudha akan datang untuk 3 bulan short course di Rotterdam. Incredible gift for my 30th birthday J.

Februari

Yaa Hayyu, Yaa Qoyyum. Sungguh, Allah Maha Mengatur segala sesuatu. Aku selesai ujian tanggal 4 dan Mas Yudha datang tanggal 7. Benar2 paaas, sehari rehat setelah ujian, lalu beberes, dan siap2 menyambut kedatangan suami tercinta. Bayangkan kalau Mas Yudha datang di bulan Januari atau malah Desember 2011, bisa merusak konsentrasi ujian. Bisa memanfaatkan waktu bersama2 dengan Mas Yudha dengan maksimal. Aku juga kebetulan semester 4 sudah tidak ada kuliah (ennggg kecuali 1 kuliah yang mengulang itu yaa… yang sebenarnya itu pun tidak wajib untuk hadir kuliah… hanya keinginanku sendiri saja yang ingin datang kuliah). Kewajiban utama di semester itu ‘tinggal’ mengerjakan thesis yang mana tidak perlu datang ke kampus setiap hari. Cukup 1 hari dalam 1 minggu aku berkunjung ke Leuven untuk keperluan asistensi thesis. Selebihnya, selama hampir 3 bulan, jadilah aku penghuni gelap di apartemen Weenapad, Rotterdam J.

Maret

Our second honeymoon… Cheko, Germany, Nederlands and Belgium. Travelling yang sangat menyenangkan dan mengesankan, khususnya karena perginya sama Mas Yudha :D. Tidak terbayangkan sebelumnya bahwa kami akan bisa jalan2 di Eropa berdua saja J. Tanpa mengajak Saskia J. Dengan sponsor dari VLIR dan Stunned pula. Urusan thesis pun relatif lancar. Mulai menguasai tools-nya, dan memahami arah kerjaannya. Nikmat Allah mana lagi yang kau dustakan..?

April

Mulai sibuk dengan integrated project. Alhamdulillah diarahkan Allah untuk memilih kelompok yang mana ternyata tidak sia2 dapat nilainya bagus dengan kerjaan yang relatif tidak banyak menguras otak, waktu dan tenaga, juga rekan2 sekelompok yang kompak dan enak diajak bekerja sama. Sedikit sedih karena menyadari aku dan Mas Yudha masing2 makin sibuk dengan tugas2 kami, sementara waktu terus berjalan, dan tidak terasa sebentar lagi Mas Yudha mau berakhir. Aku harus makin sering tinggal kembali di Leuven untuk keperluan project. Tapiii Alhamdulillah masih sempat untuk melakukan our last travelling di Eropa ini untuk tahun ini. Yes, finally, Paris! J. Dan Saskia, Alhamdulillah sudah 2 tahun, anaknya sehat, pintar dan bersemangat.

Mei

Akhirnya tiba waktu untuk berpisah sementara. Mas Yudha kembali pulang ke Indonesia. Untuk kedua kalinya kami melewati ulang tahun pernikahan tanpa kebersamaan secara langsung. Hey! Pelangi indah karena berwarna-warni, begitu pula dengan hidup. Maka aku kembali menyibukkan diri dengan urusan pekerjaan thesis, seminar midterm thesis, menulis laporan theis dan mempersiapkan ujian mengulang untuk bulan Juni. Bulan ini terasa begitu cepat karena banyak yang harus dikerjakan.

Juni

Aku memutuskan untuk 2-3 minggu off dari thesis demi mempersiapkan diri secara intensif untuk ujian mengulang (untuk yang ke 3x nya) untuk mata kuliah Surface Water Hydrology. Alhamdulillah sama Allah dikasih rekan sesama pengulang ujian dari Indo pula, jadi ada teman belajar bareng. Hasilnya Alhamdulillah tidak sia2, angka yang cukup luar biasa yang diberikan oleh professor yang terkenal pelit kasih nilai.

Juli

Bulan panik. Panik karena professor meminta tambahan pekerjaan. Panik karena ternyata tidak mudah untuk kembali melanjutkan thesis setelah 2-3 minggu off darinya. Panik karena tulisan laporan thesisku mendapat banyak sekali komentar2 dari supervisor yang mana artinya banyak pula yang mesti dibenahi. Panik karena professor dan supervisor cuti 3 minggu untuk liburan musim panas. Semakin panik karena deadline pengumpulan thesis semakin dekat. Ditambah badan lemas karena untuk pertama kalinya aku puasa dengan lamanya puasa hampir 18 jam. Sahur2 sendiri. Buka2 sendiri. Tarawih2 sendiri. Alhamdulillah Allah Maha Menjaga makhlukNya. Dalam kondisi seperti itu aku masih dikaruniai kesehatan yang prima.

Agustus

Masih terbawa panik dari kondisi sebelumnya. Namun perlahan2, satu persatu masalah selesai dengan lancar. Supervisor dan professor merestui hasil kerjaanku berikut laporan thesisnya tanpa banyak komentar lagi, dan diijinkan untuk ikut thesis defense. Bulan ini untuk pertama kalinya aku lebaran di KBRI Brussels. Suasana ramai tapi hati pilu. Ingat Mas Yudha yang sudah berangkat ke Pittsburgh dan Saskia di Semarang. Lebaran yang tidak terlupakan. Mas Yudha, aku, Saskia terpisah di 3 benua. Membuat kami menyadari betapa luar biasanya nikmat kebersamaan dalam keluarga yang mungkin selama ini jarang atau bahkan tidak pernah kami syukuri.

September

Bulan yang dinanti2 selama 2 tahun terakhir. Thesis defense berjalan kurang lancar menurutku pada saat itu. Namun siapa sangka bahwa hasilnya melampaui targetku sendiri. Ditambah lulus dengan predikat cum laude. Pulang dengan riang. Walau sedikit sedih karena tanpa penyambutan dari Mas Yudha di Indonesia. Tapi tetap senang karena kembali bertemu dengan Saskia J. Penyesuaian kembali hidup di Indonesia yang ternyata tidak semudah yang kubayangkan. Sakit. Culture shock.

Oktober

Menikmati peran sebagai full time mother. Rasanya seperti seorang ibu yang baru melahirkan. Senang walau lelah. Masih suka merasa takjub melihat Saskia yang dulu kutinggal masih kecil mungil, sekarang sudah gendut padat berisi. Betapa pesat perkembangannya. Sudah pintar ngomong, menjawab, dan kepandaian2 lainnya. Di balik itu, anak2 tetaplah anak2 yang melekat dengan segala tingkah lakunya yang kadang menyebalkan. Sibuk mencari tahu cara2 menghadapi hal2 yang menyebalkan dari anak seusia itu. Pelan2, menerapkan perubahan padanya.

November

Akhirnya, dipaksa Allah untuk melaksanakan niat yang bolak balik tertunda: memakai kerudung. Melalui sakit mungkin cara yang tepat menurut Allah untuk makhluk yang bandel seperti aku. Alhamdulillah, setelah memakai, rasanya lebih tenang, dan merasa menyesal kenapa tidak dari dulu. Dapat kiriman hadiah dari Mas Yudha atas kelulusanku: HP android Samsung (yang sama Saskia disebut Samsul). Alhamdulillah punya suami yang pengertian, yang tahu caranya untuk membuatku keluar dari kegaptekan :D, yang sebelumnya mungkin sudah bosan banget menyuruhku beli itu HP tapi tidak kulakukan. Memang begitu mas harusnya, langsung belikan saja 😀

Desember

Mulai bisa menyesuaikan diri dan menikmati peran menjadi ibu dengan pekerjaan rumah tangganya. Sudah jauuuh lebih berkurang panik dan emosiannya dalam menghadapi Saskia. Menikmati juga fasilitas yang diberikan si Samsung sebagai hadiah kelulusanku dari mas Yudha, yang benar2 memudahkan komunikasi dengan mas Yudha dan berinternet ria. Sambil menanti2 SK pindah yang belum kunjung keluar. Kesehatanku pun membaik.

Alhamdulillah… Allaahu akbar!

Nikmat mana lagi yang kau dustakan?

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Erin. Bookmark the permalink.

One Response to Wonderful year of 2012

  1. erinyudha says:

    Luar Biasa Catatannya
    Memori 2012, Semoga menjadi khasanah baik perjalanan keluarga 🙂 pengalaman yang membahagiakan sekaligus menngetuk hati untuk mensyukuri nikmatnya kebersamaan secara fisik dengan keluarga. Momen unik : dari kali pertama buatku pergi ke Luar Negeri,
    Pergi Honeymoon ke Paris dan terpencar di 3 benua sebagai keluarga ( Eropa, Asia, dan Amerika), 2012 berlalu, usia kami sudah berkurang 1 tahun, Apa yang dapat kami pelajari dan selanjutnya dioptimalkan sebagai sarana ibadah kami dimasa datang?
    1. Banyak bersyukur atas lautan nikmat Allah SWT
    2. Banyak beribadah lebih baik, sholat awal waktu, sunnah,
    3. Banyak berdoa semoga dikembalikan waktu untuk mempersatukan keluarga ini.
    4. Berbakti kepada orang tua, beramal dan sekuat tenaga menjadi orang tua yang teladan bagi anak-anak kami.

    Amiiinn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s