Tips · Uncategorized

Mari bersepeda

Pertimbangan orang dalam memilih moda transportasi tentunya berbeda2 di setiap negara di dunia. Hal ini dipengaruhi berbagai hal, di antaranya luas area, topografi serta iklim di suatu negara. Oh ya, juga kemajuan suatu bangsa dan karakter masyarakatnya.

Contohnya, di US yang wilayahnya luas, jarak antar kotanya jauh2, terutama yang kotanya tergolong metropolitan, apalagi jika konturnya tidak datar, maka mobil menjadi favorit. Sedangkan di negara2 Eropa yang kotanya relatif kecil, jarak antar kota dekat2, hawanya sejuk dan kering, penduduknya tidak terlalu banyak, maka masyarakat lebih memilih transportasi kereta api, bus dan sepeda.

Bagaimana dengan di negara kita yang wilayahnya luas, penduduknya buanyaak, hawanya panas (ditambah dengan pemerintahnya yang belum mampu menyediakan fasilitas transportasi umum yang baik)?  Maka mobil dan motor menjadi pilihan utama. Sedangkan sepeda? Kurang populer (kecuali untuk olah raga), karena dibanding motor, naik sepeda lebih lamaa, keburu menghirup polusi lebih banyak, capek mengayuhnya dan keringat bakal keluar lebih banyak, hehehe.

Padahal bersepeda itu banyak manfaatnya, dan relatif lebih sedikit kemungkinan memberikan mudharat ke orang lain dan lingkungan sekitar.

So, here are the reasons why we should prefer to ride a bike than a motorcycle.

1. Less polution. Ini benefit yang paling utama. Paling sebal kan kalau udara pagi yang segar sudah terkontaminasi asap knalpot kendaraan (baik mobil maupun sepeda) yang tidak sehat. Keuntungan menggunakan sepeda bagi yang mengendarai dan orang2 yang berada di sekitar adalah bebas polusi. Semakin banyak orang yang memilih sepeda dibandingkan motor akan semakin baik karena polusi akan semakin berkurang 🙂

2. Faster than walking (and sometimes than driving a car). Ya, daripada jalan kaki kan, untuk jarak relatif dekat (misalnya ke warung) lebih baik naik sepeda. Tambahkan keranjang di depan atau tas model Mr. Postman (tapi pilih yang meriah motif dan warnanya..) yang bisa ditaruh di kursi belakang, juga bisa buat menaruh barang2 belanjaan. Lalu, karena sepeda itu bentuknya ramping, jadi bisa nyelip2, jago dalam menghadapi kemacetan, atau ketika lewat di jalan yang sempit.

kantong2 di sepedanya lucu2..
kantong2 di sepedanya lucu2..

3. Good for health. Manfaat kesehatannya sama seperti berolah raga. Lebih membakar kalori daripada jalan kaki atau duduk manis di mobil. Mengencangkan otot kaki dan lengan.

4. It’s oh so quite. Alias tidak bising. Suaranya tidak bikin sakit telinga. Tidak bikin kaget pejalan kaki. Tidak mengganggu tetangga.

5. Murah meriah. Tidak perlu beli BBM, tidak perlu bayar parkir, tidak perlu bayar pajak kendaraan, STNK serta asuransi kendaraan. Biaya perawatan ke bengkelnya juga relatif murah. Membersihkannya gampang (tidak perlu ke tempat khusus untuk cuci kendaraan)

Come on.., masa untuk sekedar ke tukang sayur mangkal, mengantar anak ke sekolah, atau ke Alfamart yang jaraknya cuma kurang dari 200 meter saja dari pintu rumah, naik motor…? Termasuk yang terjadi di kantor tempat saya bekerja. Tebak dong, orang2 naik apa kalau mondar-mandir dari gedung depan ke gedung belakang yang jaraknya sekitar 75 meter? Ya naik motor (!!@#$%%^!!). Bahkan ada yang naik mobil kalau hujan gerimis rintik2, kecil2.

Kecepatan maksimal sepeda memang jauh kalau dibandingkan dengan motor, mobil, apalagi bis dan kereta api. Namun di sini saya ingin mengajak kamu2 semua untuk lebih memilih sepeda dibanding motor (dan mungkin mobil) untuk jarak2 relatif dekat (kurang dari 500 meter) atau di sekitar perumahan (alias tidak di jalan raya).  Atau sebagai moda penyambung, misalnya bagi yang mau naik angkot atau bis, dari rumah ke pinggir jalan raya bisa naik sepeda dan diparkir di dekat tempat menunggu kendaraan umum. Soalnya saya juga memaklumi bahwa naik sepeda di Indo tidak senyaman di Eropa. Kalau di lingkungan perumahan kan masih lumayan nyaman tuh, tidak seramai di jalan raya.

Aaah jadi kangen bersepeda di tempat yang hawanya sejuk.. dan sinar mataharinya malu2..

Advertisements

4 thoughts on “Mari bersepeda

  1. Bersepedanya orang di Indonesia (aka jakarta dsk) termasuk salah satu kegiatan yg luar biasa hebatnya. Selain tantangan dijalanan dengan risiko terlanggar pemoda lain, infrastruktur nya jg masih belum bagus (utk tidak mengatakan TIDAK ADA). Yg jelas komitmen dari individu pengguna sepeda di Indonesia sangat ada dan besar, terus tumbuh dan menular (walaupun cuma weekend), dan semoga semakin besar sehingga pemkot/pemkab segera bisa memfasilitasi kegiatan ini.

    Btw, lu kemana aja kris?? oyoyyyy,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s