Martabak oh martabak

Latepost nih.

Pada suatu sore sepulang kerja di bulan Ramadhan, Saskia yang seharian itu saya bawa ke kantor, tiba2 berteriak dalam perjalanan pulang, ‘Mama, aku mau martabak!’

Berhubung waktu itu bulan Ramadhan, jadwal pulang kantor kan lebih awal yaitu jam 3 sore. Jadi kios martabaknya belum buka. Entah kenapa Saskia tidak mau tahu. Sampai di rumah dia merengek2 terus, bolak balik minta martabak. Sedangkan saya, malas dong kalau mesti keluar rumah lagi untuk beli martabak, yang biasanya buka jam 5 sore.

Jadi saja, spontan saya bilang, ‘Mama bikin sendiri deh, gak usah beli’.

Langsung deh googling cari resep martabak. Ketemu. Kebetulan punya semua bahan2nya. Cuma daging saja yang tidak punya, jadinya saya ganti bakso yang dicincang kecil2. Habis mandi langsung dipraktekkan. Adonan martabak pun jadi. Tapi kan mesti didiamkan 1 jam dulu. Jadi, kebetulan maghrib tiba, saya tinggal sholat magrib dulu.

Selesai sholat maghrib, dengan sedikit curiga saya keluar kamar. Kok Saskia anteng beneerr gak ada suaranya. Ternyata eh ternyata saya temukan di dapur lagiii.. begini nih. Adonan martabak dicuil2 jadi kecil, terus dipenyet2 di atas meja dapur.

OMG! Saskiaaa!!! Meja dapurnya kan gak higienis.

Mau marah juga gimanaa. Pan habis puasa. Masa habis buka langsung ngomel2.

Saskia dan adonan martabak yang berserakan

Saskia dan adonan martabak yang berserakan

Ya sudahlah, ayo kita bikiiin. Semangat banget deh Saskia ingin ikut serta.

Cuma, maaf, gak saya bagi2 resepnya, soalnya jadinya begini nih, kurang berhasil…

Saskia dan martabak

Saskia dan martabak

Adonannya terlalu ulet, gak bisa ditipisin. Sudah saya puter2 supaya lebar dan tipis tapi sobek terus. Jadilah ketika digoreng susah ditekuk. Kulitnya tebal dan keras. Tapi isi di dalamnya lumayan sih rasanya. Cuma karena kulitnya tebal jadi agak kurang matang. Kulit martabak juga gak bisa menutup sempurna. Isinya agak berceceran, dan sedikit gosong. Ups!

Terus habis itu Saskia bilang gini, ‘Ma, ingat yaa, lain kali martabaknya beli ajaa.. Ingat! jangan bikin sendiri lagi!’

:((

Saya jawab, ‘Sas, kalau gagal itu tidak boleh putus asa. Tapi dicoba lagi coba lagi. Makin sering mencoba, lama2 pasti berhasil.’

Kata Saskia lagi, ‘Kalau nyobanya 20 kali berhasil, Ma?’

Yaelah, Nak, ngece amat. Mama mah, 2-3 kali nyoba bikin martabak juga sudah cukup sukses, kaliii.

Eh tapi, dasar bocah, giliran makan, ajaa… lahap beneeerrr… Makanyaaa, don’t judge a book by its cover. Makanan yang bentuknya tidak menarik belum tentu tidak enak lhoo. 🙂

Gallery | This entry was posted in Saskia and tagged , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Martabak oh martabak

  1. Arman says:

    saskia… bagi dong martabaknya!!! 😀

  2. christanto says:

    saskia senengnya martabak yaa.. 🙂 papa bikini dong, masak martabak buat berdua aja

Leave a Reply

