Saskia dan bronchopneumonia

Sudah lebih dari 2 minggu ini Saskia batuk. Sebelum ke dokter sudah saya kasih obat batuk Hufagrip, dan Vicks. Sudah ke dokter 2x, dan dikasih antibiotik dan obat lainnya: Transpulmin, Yusimox dan Fortusin, tapi belum membaik juga. Batuknya sih frekuensinya relatif tidak terlalu sering, tapi kayaknya dalam banget di rongga dada. Sementara dia tidak bisa keluarkan dahaknya. Kalau tidur juga nafasnya bunyi. Dan akhir2 ini tangan dan kakinya suka dingin, anyep gitu.

Dokter umum yang terakhir bilang, kalau belum sembuh juga mending di rontgen dan test mantoux. Curiganya bronchitis atau TB.

Terakhir, kemarin kami ke dokter SpA langganan Saskia, disuruh rontgen. Dia sih tidak curiga TB karena berat badannya tidak turun, tidak lesu dan masih doyan makan. Juga tidak ada benjolan di lehernya. Dari hasil rontgen-nya, terdapat bercak di paru2 bagian bawahnya. Jadinya diagnosanya adalah: bronchopneumonia alias radang paru.

Setelah pak dokter bertanya2 tentang riwayat penyakit alergi dan asma dalam keluarga, bisa disimpulkan, barangkali Saskia ini jadinya alergi debu kayak saya. Jadinya sistem pernapasannya sensitif sekali sama zat2 asing yang masuk ke saluran pernapasan. Apalagi kakek saya juga mengidap asma. Dokter bilang bisa jadi ke depannya Saskia punya potensi asma juga :((

Saskia dikasih resep obat 3 macam: antibiotik dalam bentuk puyer yang mesti diminum 1x sehari. Terus puyer dengan campuran macam2 (yang gak kebaca tulisannya di resepnya) untuk batuk pileknya, yang mesti diminum 3x sehari. Sama sirup Meptin, untuk sesak nafasnya, diminum 2x 3/4 sendok takar (5ml) sehari.

Pesan dokter, kamar dan rumah harus benar2 bersih. Tidak boleh main boneka berbulu, tidak boleh pakai karpet, tidak boleh ada gantung2 baju2 di kamar, tidak boleh pakai obat nyamuk jenis apapun termasuk elektrik sekalipun. Gorden dan sprei mesti rajin diganti. AC mesti sering dibersihkan setiap 3 bulan. Pakai AC gak boleh terlalu dingin suhunya. Gitu2 deh.

Sementara ini juga tidak boleh makan coklat, chiki2an, kripik2an, permen, goreng2an, es krim yang mana itu kesukaan Saskia semua. Sabar ya nak.

Semoga cepat sembuh, sayang.

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Saskia and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Saskia dan bronchopneumonia

  1. christanto says:

    saskia Insya Allah sehat selalu ya..
    Biar klo lomba lari bisa ngalahin Papa hehhehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s