Crepes

Suatu hari sepulang saya dari kantor, Saskia cerita kalau di depan masjid tempat dia ngaji, suka ada mamang2 mangkal jualan kue lekker. Buat yang belum tau, lekker itu semacam crepe yang ditabur gula, meises dan susu kental manis. Mirip martabak manis tapi super tipis kering. Kriuk kalau digigit. Ya tentu maksud hati Saskia cerita adalah untuk minta diijinkan jajan.

Saya, tanpa sadar menurunkan apa yang ibu saya terapkan dulu. Selalu menyediakan segala macam cemilan di rumah sehingga anak gak perlu jajan. Ke sekolah dan ngaji, ya bawa bekal cemilan dan minuman. Kenapa..? Karena anak di bawah usia 7 tahun, saya pikir belum bisa cukup paham untuk menggunakan uang jajan hanya untuk membeli jajanan yang sehat.

Soal lekker, saya mempermasalahkan kehigienisan cemilan harga seribuan yang dijual si mamang2 itu. Dia mangkalnya di pertigaan yang mana kalau sore banyak kendaraan lewat. Wadah adonannya, tangan si mamang, kualitas bahan.. pan buat masaknya yang kayaknya cuma dia lap2 saja pakai serbet yang sudah kumal..

Saskia cerita kalau akhirnya dia pernah makan itu lekker sekali dua kali. Diambilin uang sama si bibi. Iiiihh.. ! Saskia bilang habisnya dia penasaran, sepertinya enak, soalnya kebanyakan teman2nya suka jajan, dan selama ini kalau teman2nya jajan dia cuma liatin sambil ndomblong.. Terus dia bilang.. ‘yaudah kalau gak boleh jajan mama bikinin aku lekker dooong..!’

Hmmm, siapa takut.. ! Baiklaah.. cari2 resep, nemu di sini nih..

https://cookpad.com/id/resep/289351-crepes-leker

Bahan:

  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • 1.5 sdm tepung tapioka
  • 1.5 sdm susu bubuk
  • 150 ml air matang
  • 0.5 sdt vanili
  • 0.5 sdt baking powder
  • garam secuprit
  • mentega untuk menggoreng
  • topping/isinya sesuai selera: gula, meises, keju, dll

Cara memasak

  • semua tepung dan bubuk dicampur kemudian diaduk2 hingga merata, bagusnya diayak sih supaya tidak menggumpal (tapi tidak saya lakukan)
  • campur air es (supaya crispy), diaduk lagi sampai rata
  • tutup adonan dengan serbet, biarkan 15 menit di lemari es
  • panaskan mentega di pan teflon
  • tuang adonan, ratakan, beri isi/topping sesuai selera
  • TIPS: supaya adonan bisa rata tipis ke seluruh penjuru pan,  angkat pan dari atas kompor, tuangkan adonan mengelilingi tepi pan, lalu putar supaya rata, baru taruh di atas kompor lagi.. nyalakan api kecil saja supaya crispy luar dalam, tampilan luar tetap bagus kuning kecoklatan, tapi dalamnya tidak lembek
  • kalau sudah kering dan matang, tekuk jadi 2
  • jadi deh… 🙂
crepe

crepe! 

Bikinnya kan agak lama tuh, gara2 apinya mesti kecil. Jadinya baru selesai goreng satu, dia makan, baru jadi 1 lagi, dia makan lagi.. sampai habis lebih dari 5 sekali makan.. gak bosen2.. besok2nya minta lagi, minta lagi. Thoriq juga ternyata doyan.. Walau rempong, senangnya.. kalau bikin apa-apa anaknya suka.

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Ide masakan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Crepes

  1. Arman says:

    Enak yaaaa 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s